Masuk Singapura melalui Udara

Memasuki Singapura menggunakan mode pesawat menjadi pilihan yang menarik sejak tahun 2009 dan juga pemilik kartu npwp. Karena sudah bebas dari pembayaran fiskal. Apabila tidak memiliki npwp maka harus membayar fiskal sebesar 2.5 juta. Oleh karena itu, bagi yang tidak memiliki npwp, memasuki singapura melalui batam atau laut juga menjadi pilihan tersendiri karena hanya membayar 1 juta untuk fiskal.

Penerbangan menuju Changi

Penggunaan moda transportasi udara bisa cukup murah untuk menuju bandara Changi, karena terdapat banyak pilihan pesawat dengan aneka harga. Jika membeli dengan cukup jauh atau terdapat promo, maka harga tiket bisa gratis atau murah. Jika menggunakan pesawat Air Asia, kita dapat berangkat dari Jakarta, Bandung, Bali Denpasar dan Yogyakarta. Sedangkan jika menggunakan pesawat Lion Air, kita dapat berangkat dari Jakarta. Dan banyak lagi maskapai penerbangan lain seperti Garuda Indonesia, Singapore Air Line, dan lain sebagainya.
Pengurusan Boarding Pass, Bebas Fiskal, dan Airport Tax.

Sesampai di bandara, kita akan mengurus Boarding Pass dan bagasi terlebih dahulu. Persiapkan tiket atau nomor booking pesawat dan pasport terlebih dahulu untuk memudahkan. Untuk barang – barang yang akan dimasukkan kedalam bagasi juga diurus disini. Sebaiknya tas koper yang dimasukkan kedalam bagasi tidak terdapat barang – barang elektronik atau barang berharga lainnya. Demi menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Untuk pengurusan seperti ini diharapkan dapat datang lebih awal, karena proses pengurusan bisa panjang antriannya dan lama. Jadi, lebih baik datang 2-3 jam sebelum waktu penerbangan untuk bepergian ke internasional.
Setelah proses Boarding Pass selesai, maka menuju ke loket pajak atau bagian pengurusan bebas fiskal untuk yang memiliki kartu npwp atau membayar fiskal sebesar 1 juta untuk yang tidak memilikinya. Untuk pengurusan, siapkan fotokopi npwp jika diperlukan, kartu npwp aslinya, boarding pass, untuk keluarga cukup membawa foto kopi kartu keluarga. Sambil mengantri bisa juga sambil mengisi form isian fiskal. Jadi, lebih baik sudah membawa alat tulis menulis. Jika terdapat perbedaan nama yang tertera pada pasport maupun npwp juga tidak masalah, oleh karena itu diperlukan kartu npwp aslinya.
Untuk kalangan tertentu dapat bebas fiskal juga. Kalangan itu adalah anak – anak dibawah usia 21 tahun. Untuk anak – anak dan istri dari pemilik npwp juga dapat bebas fiskal, dengan melampirkan fotokopi kartu keluarga. Kemudian berlaku juga untuk warga negara indonesia yang sudah tinggal di luar negeri dan memiliki visa tinggal di negara tersebut, hal ini berlaku untuk mahasiswa, pekerja swasta atau warga yang menikah dengan warga negara asing beserta keluarganya. Kalau dulu sempat ada pembatasan jumlah bebas fiskal maksimal 4 kali dalam setahun, namun sekarang sudah tidak ada lagi pembatasan jumlahnya dalam setahun.
Setelah pengurusan fiskal selesai, kemudian menuju ke bagian dalam bandara untuk membayar airport tax. Dan kemudian ke bagian pemeriksaan imigrasi. Dan selamat terbang menuju Singapura.

Incoming search terms for the article:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*