Tiket MRT

Untuk dapat menggunakan kereta MRT atau Mass Rapid Transit di Singapura harus menggunakan tiket elektronik. Tiket ini akan digunakan pada pintu masuk elektronik MRT dengan cara menempelkan atau tapping pada tempat yang sudah disediakan. Setelah tiket ditempelkan maka saldo pada tiket akan otomatis berkurang dan pintu akan terbuka.

Berikut ini adalah gambar pintu masuk mrt

Untuk memasuki pintu perhatikan tanda lampu pada pintu, jangan sampai salah masuk pada pintu keluar. Seperti trafic light terdapat lampu hijau dan merah untuk membedakan. Untuk yang membawa kereta bayi, troller atau kursi roda dapat melalui pintu masuk yang lebih besar.

Ada dua macam tiket MRT yaitu tiket yang digunakan hanya sekali pakai atau single trip dan ada juga yang dapat diisi ulang atau dengan kartu EZ Link.

Kartu EZ Link merupakan kartu smart card contactless yang menggunakan solusi dari Sony Felica. Jenis kartu ini mulai digunakan sejak tahun 2007 yang menggantikan sistem kartu magnetik dan sudah digunakan oleh 10 juta orang lebih dengan
4 juta transaksi setiap harinya. Untuk membeli kartu ini dapat dilakukan di loket tiket atau Passenger Service pada stasiun MRT, dengan pecahan nilai $5, $10, dan $15. Dengan $5 merupakan non refundable sebagai pengganti biaya kartu. Kartu ini dapat digunakan sampai 10 tahun. Keuntungan penggunaan jenis kartu ini adalah praktis. Karena setiap akan keluar masuk MRT kita tinggal tapping kartu ke pintu masuk dan tidak perlu antri beli tiket di mesin GTM atau General Ticketing Machine. Namun, jangan karena keasyikan keluar masuk sampai lupa isi ulang kartu. Sisa deposit akan ketahuan pada saat melakukan tapping (menempelkan) pada pintu masuk. Kalau ada kelebihan, pasti ada kekurangannya :D. Kekurangannya yaitu kalau kita memasuki pintu masuk MRT maka saldo kartu akan diambil dengan jarak terjauh atau paling mahal. Tentunya harus punya saldo kartu yang cukup. Begitu keluar dengan jarak yang dekat, maka saldo sisanya akan dikembalikan pada waktu tapping di pintu keluar. Nah, kalau terjadi gagal tapping maka akan dikenakan biaya terjauh.

Kartu Single Trip atau Standard Ticket dapat digunakan sekali perjalanan. Kalau tidak terburu buru dengan perjalanan selama di Singapura, menggunakan jenis kartu ini juga cukup mengasyikkan. Harga tiket MRT rata rata antara $1-$3, harga tersebut tergantung jarak yang dipilih. Setiap pembelian tiket akan selalu ditambahkan biaya deposit kartu sebesar $1. Deposit ini akan dapat diambil kembali pada saat keluar di mesin GTM juga. Karena untuk pembelian tiket dengan pilihan denominasi yang kecil ini maka selalu siapkan pecahan uang yang kecil pula. Kan tidak mungkin kita beli tiket seharga $2 tapi dimasukkan uang kertas $100. Kalau diterima oleh mesin GTM nya maka kembalian akan berupa uang koin $1 an dengan cukup banyak :P. Kantong bisa bisa menjadi tebal. Ya kalau baru datang dari Bandara Changi atau Pelabuhan Harbourfront dan masih memegang pecahan besar, ya belanja belanja dulu buat mecahin uang :D.

Tahapan atau cara pembelian tiket MRT pada mesin GTM :
1. Siapkan uang dengan pecahan kecil ( ya tentu saja, memang pakai daun ), sebenarnya bisa juga pakai kartu kredit. Siapa yang sudah mencoba ?
2. Pilih menu “buy standard ticket” pada layar dengan memijit layar.
3. Pilih tujuan stasiun pemberhentian dengan memijit peta pada sebelah layar
4. Pilih jumlah tiket yang akan dibeli
5. Masukkan uang ke tempat yang sesuai, misalnya koin dan uang kertas
6. Tiket dan uang kembalian akan keluar

Setelah keluar dari stasiun pemberhentian, untuk tiket yang Standard dapat mengambil deposit $1 pada mesin GTM juga. Untuk melakukan pengambilan deposit atau refund dapat memilih menu “Refund Ticket”.

Incoming search terms for the article:

74 comments

  1. Walau pernah jalan ke singapore koq saya tetap saja keder kalo udh disana…

    [Reply]

  2. belum ada petunjuk cara menggunakan bis di singpaura nih

    [Reply]

  3. haloo..sy mau tnya kalo naik MRT dari orchard ke bugis jalurnya gmn yah?
    thx sy tgg jwban nya^^

    [Reply]

    novrand Reply:

    Sebenarnya dari orchard ke bugis cukup dekat. Ujung jalan Orchard sudah dekat dengan bugis. namun cukup melelahkan jika berjalan kaki, kecuali sambil melihat lihat dan belanja.

    Jika ingin naik MRT, naik dari stasiun MRT terdekat di daerah orchard kemudian menuju ke City Hall. Disana baru berpindah MRT yang mengarah ke MRT Bugis.

    [Reply]

  4. Bambang Kunhassario

    Dear Mas Novrand,
    Situs yang Bagus dan Sangat Membantu Wisatawan…!!
    Saya rencananya akan menginap di Robertson Quay Hotel di Merbau Road, Stasiun MRT manakah yang terdekat dengan lokasi itu ? Apa rekomendasi anda untuk tiket MRT, beli EZ-Link card atau pakai koin ?
    Teriama Kasih atas bantuannya

    [Reply]

    novrand Reply:

    Wah matur nuwun pak Bambang.

    Hotel Robertson Quay di Merbau Road itu posisinya agak tanggung dengan posisi stasiun MRT terdekat. Jadi posisinya di tengah tengah stasiun Dhoby Ghaut dan Outram Park. Atau mau nerobos ke arah Rafles Place dengan menyisir sungai Singapura. Atau wisata jalan jalan kota tua ke arah MRT City Hall.

    Namun sepertinya harus naik taksi dulu atau bis untuk menuju MRT terdekat. Karena harus berpindah bis dan naik MRT, bagusnya punya kartu EZ link untuk berpindah moda transportasi. Kartu ini berlaku selama 20 tahun, jadi bisa dipindahkan ke keluarga atau teman. Atau bisa juga pinjam teman jika sudah punya. Disana tinggal di refill (isi ulang) saja.

    Jadi kalau jadwal perjalanan tidak padat, sepertinya bisa jalan jalan sepanjang kota tua singapura menuju MRT terdekat. Sekalian foto foto dan menyehatkan pak. Nanti di bandara Changi waktu pulang tinggal mencari kursi pijat mawon.

    Jangan lupa sharing cerita perjalanannya sepulangnya dari sana ya pak.

    [Reply]

    Bambang Kunhassario Reply:

    Terima Kasih mas Novrand, replaynya cukup jelas

    [Reply]

  5. Bambang Kunhassario

    Dear mas Novrand,
    Maaf ya, berdasarkan jawabannya yang lalu saya jadi ingin pindah hotel yang lokasinya tidak jauh dari MRT station. Karena saya baru pertama kali akan ke Singapore, bagaimana situasi/proses check in hotel nya ? Bisakah saya pesan kamar dengan fasilitas 2 orang tapi diisi 4 orang seperti di Indonesia ? Mohon rekomendasinya ya mas, terima kasih

    [Reply]

    novrand Reply:

    Untuk proses check in biasanya saya menunjukkan kertas cetakan dari pemesanan online via web atau email. Nanti disana akan diperiksa oleh pihak hotelnya. Lebih baik ditelepon dulu pak (skg telepon ke singapore dari operator di indonesia sudah banyak yg murah), untk memastikan kamarnya tidak masalah.

    Untuk kamar 2 orang namun diisi 4 orang, saya belum berani mengkonfirmasi bisa tidaknya disana. Biasanya tergantung aturan di masing masing hotel. Namun, jika di negeri orang, lebih baik meminimal mungkin resiko melanggar aturan. Takut repot setelahnya.

    Untuk mencari hotel, saya biasanya menggunakan google maps. Kemudian kita perbesar pada lokasi yang kita inginkan. Misalnya daerah bugis. Kemudian kita ketikkan kata hotel di bagian pencarian. Nanti akan muncul beberapa hotel yang berada di wilayah bugis. Disana kita tinggal memilih yang paling disesuai.

    [Reply]

    Bambang Kunhassario Reply:

    OK, thank’s mas infonya

    [Reply]

  6. Bambang Kunhassario

    Dear mas Novrand, (maaf nich mo nanya2 lagi),
    Akhirnya saya rencana menginap di Victoria, Untuk menghemat tenaga nantinya (sudah uzur nich..!!) saya mo tanya beberapa hal :
    1. Merlion Park paling dekat dengan stasiun MRT mana ?
    2. Di Sentosa, dari Universal Studio di Resort World klo mo ke Sentosa Luge & Skyride di Imbiah apakah harus naik Sentosa Express lagi ?
    3. Bagaimana proses pembelian tiket Luge & Skyride secara online, saya sudah coba hanya diberi itinerary saja, kapan saya bayarnya ?
    4. Bagaimana dengan voltage di Singapore, apakah alat elektronik dari Indonesia dapat langsung digunakan ?
    Mohon infonya, Terima Kasih sebelumnya

    [Reply]

    novrand Reply:

    Monggo pak Bambang,

    Jadinya pindah ke Hotel Victoria yang dekat MRT Bras Basah, atau di Jalan Victoria (selain MRT Bras Basah, dekat juga dengan MRT Bugis).

    1. Untuk Merlion Park, yang paling dekat itu MRT Rafles Place, namun bisa juga dari MRT City Hall atau MRT Esplance. Asumsi pak Bambang berada di dekat MRT BrasBasah. Berarti tinggal menuju MRT Bras Basah (sebagai informasi, ini merupakan stasiun MRT paling dalam di Singapura) kemudian menuju Dhoby Ghaut dan baru menuju ke Rafles Place atau ke City Hall. Jika ingin menuju ke MRT Esplanade, dari juga bisa dari MRT Bras Basah langsung menuju MRT Esplanade.

    Kalau dari MRT Rafles Place, nanti bisa berjalan jalan menyusuri sungai Singapore untuk menuju ke Merlion Park. Disana banyak tempat tempat bersejarah yang bisa dilewati. Dan menyeberangi juga jembatan yang digunakan jalur F1 Singapore. Nanti pulangnya bisa menyisir ke arah esplanade menuju ke City Hal atau Esplanade. Disana melewati mall bawah tanah. Meskipun jauh, biasanya tidak terasa capek. Sedia minuman air mineral dalam botol saja pak. Karena kalau siang hari cukup panas disana.

    2. Kalau di Sentosa, untuk menuju ke Sentosa Luge & Skyride dari Resort World, sebenarnya bisa juga dilewati dengan jalan kaki. Tempatnya banyak hal hal menarik seperti tulisan pulau Sentosa dan air mancur, dan melewati patung besar Merlion atau mampir ke Singapore Musium. Namun jika ingin langsung tanpa harus berjalan kaki, bisa kembali ke Sentosa Express untuk menuju ke stasiun terakhir di pulau sentosa.

    3. Untuk tiket Luge & Skyride, sepertinya aman untuk beli disana pak. Karena tidak sepadat USS yang masih baru. Kalau sampai malam di sentosa, sekalian lihat Song of the sea, bagus pak performance nya. Siapa tahu ada ide untuk disampaikan ke teman teman di Indonesia dan membuat yang sama :D. Setelah itu juga bisa melihat Crane Dance di daerah Resort World.

    4. Untuk Voltage di singapore sama dengan di Indonesia, menggunakan tegangan 220. Namun yang membedakan itu colokan listriknya. Menggunakan colokan 3 kaki. Lebih baik mencari konverter 3 kaki ke dua, terus membawa kabel listrik panjang yg berisi banyak colokan. Untuk bisa dibagi ke beberapa charger hp :D. Saya biasanya begitu, membawa koverter 3 kaki dan kabel ekstention.

    [Reply]

    Bambang Kunhassario Reply:

    Waduhh, jelas dan informatif sekali penjelasannya mas Novrand, Teri Kasih Banyak.., yaa..!! Yang belum jelas adalah kekuatan kaki dan tenaga saya nich..!!(selain udah uzur, saya juga obesutas) Insay Allah kuat.., ya.., sekali lagi terima kasih, Jangan kapok ya klo kapan2 saya nanya lagi, Salaamm..!!

    [Reply]

    Bambang Kunhassario Reply:

    Maaf, maksudnya diatas, Terima Kasih Banyak…, he..he..!!

  7. Bambang Kunhassario

    Maaf, maksudnya diatas, Terima Kasih Banyakโ€ฆ, dan obesitas (kegemukan) he..he..!! maklum keypadnya kekecilan…

    [Reply]

  8. Mas Novrand,

    Maaf, saya mau bawa keluarga ke SIN pada Awal Juli nanti, saya stay di Lavender Hotel.

    mau tanya2 sbb:
    1. Transport yg mudah dan murah dari Lavender Hotel menuju USS.
    2. bagaimana cara booking bus hop on hop off utk city tour
    3. bus yang nyaman dari SIN ke KL dan stasion nya apakah ada yg dekat dgn Lavender Hotel
    4. Transport dari Lavender Hotel ke CitySnow,SingaporeFlyer dan sekitaran Merlion Park.

    tks atas atensinya

    [Reply]

    novrand Reply:

    Hai juga mas arif,

    Lavender Hotel itu di jalan lavender ya ? Tentunya lokasi MRT terdekat adalah MRT Lavender.

    1. Untuk ke USS, bisa menggunakan MRT Lavender menuju ke Harbourfront. Detailnya cukup banyak di blog ini.
    2. Booking Bus Hop on hop off untuk city tour itu ada bisnya Duck tours (www.ducktours.com.sg). Bisa pesan tiket online disana. Namun bisa juga beli di counter counter tiket yang tersebar dibeberapa tempat seperti esplanade, suntec, orchard. Atau bisa juga beli tiket di atas bis, lewat sopirnya. Tentunya kalau cara terakhir, jika bisnya penuh juga tidak nyaman juga untuk naik.
    3. Bus ke Kuala Lumpur yang dekat dengan Lavender, bisa menuju ke terminal bis yang berada di jalan lavender. Disana ada banyak pilihan bis untuk menuju KL. Bisa juga diintip kesini : http://www.journeymalaysia.com/ptasingkl.htm
    4. Snow City itu berada di Jurong, Science Center. Jadi dari MRT Lavender langsung menuju MRT jurong. Dari sana bisa jalan kaki atau naik bis menuju science center. Untuk Singapore Flyer dan Merlion Park posisinya berdekatan. Jadi bisa turun di City Hall jalan kaki menuju esplanade, baru menuju singapore flyer dan merlion park. Namun, jika terlihat jauh untuk jalan kaki. Bisa naik taxi saja.

    [Reply]

  9. o iya satu lagi Mas Novrand, dari Changi Airport apakah nyaman naik MRT ke Lavender Hotel?

    Tks.

    “Ariff”

    [Reply]

    novrand Reply:

    Saya selalu naik MRT jika dari Changi. Tapi kembali ke barang barang yang akan dibawa apakah cukup praktis untuk dibawa ke kereta. Diperhatikan juga jika kondisi kereta penuh dan harus berpindah pindah moda lokasi. Kalau hanya membawa barang yang bisa dibawa, ya cukup nyaman naik kereta.

    [Reply]

  10. Mas Novrand, boleh tanya ya… saya berencana akan ke sing dengan komposisi rombongan 3 dewasa dan 3 anak2 (5 th, 2 th, dan 11 bulan). Bisa nggak sih kita naik 1 taxi dengan komposisi itu…. Thanks before n after

    [Reply]

    novrand Reply:

    wah belum pernah mencoba dengan komposisi itu :D. Namun itu posisinya seperti naik taxi dengan 4 orang dewasa ya. Yang 2 tahun dipangku. Kalau mau mencoba komposisi itu, asal sopirnya tidak protes :D. Bawa anak anak jalan jalan kesana sudah bawa stroller kan ? Takutnya ibu ibunya masih pingin belanja, sedangkan anak anaknya sudah mengantuk. Sebenarnya cukup nyaman bawa stroller naik MRT. Hanya saja, eskalator disana cukup cepat ya. Pada waktu naik dan turun butuh ketrampilan khusus :D.

    [Reply]

  11. Suhendra Saputra

    Mas Novrand … boleh tanya … saya akan ke Singapura tanggal 28 Juli 2011 dengan pesawat Air Asia dan tiba di Bandara Changi 21.30 waktu Singapura.
    Saya menginap di Hotel Supreme Orchard bila saya mau ke hotel dari bandara tanpa menggunakan taxi, saya bisa menggunakan MRT ? dan jadwal MRT mulai jam s/d jam berapa ?
    terima kasih atas informasinya

    [Reply]

    novrand Reply:

    Pak Suhendra,
    Untuk menggunakan MRT dari Changi tinggal berpindah di stasiun City Hall dan berpindah kereta untuk menuju ke Orchard. Hotel Supreme itu berdekatan dengan stasiun MRT Somerset. Sesampai disana tinggal keluar di pintu B dan menuju mall Centerpoint. Biar tidak perlu menyeberang jalan Orchard yg cukup ramai.

    Jadwal kereta disana mulai dari jam 5-6 pagi sampai jam 12 malam waktu setempat. Kalau sampai Changi jam 21.30, belum dihitung dengan waktu delay, waktu bagage claim dan waktu imigrasi. Jika tidak menghabiskan waktu 2 jam. Bisa pas masuk ke MRT kereta terakhir. Jika terlambat kereta terakhir, masih ada taxi disana.

    [Reply]

  12. kalo dari bandara changi mau ke rumah sakit mout elizabeth, kalo naik MRT.. rutenya gimana ya mas..trims

    [Reply]

    novrand Reply:

    Mount Elizabeth itu berada di daerah Orchard. Jadi dari bandara Changi tinggal menggunakan kereta kemudian berpindah di stasiun City Hall dan baru menuju ke stasiun MRT Orchard. Dari sana tinggal keluar di ION plaza dan menyebrang jalan Orchard. Mount Elizabeth berada di samping belakang Lucky Plaza.

    [Reply]

  13. kalo naik taksi dari bandara changi ke out elizabeth berapa ya mas..karena banyak bawaan,trims

    [Reply]

    novrand Reply:

    Sepertinya sekitar $15-$20. Jalurnya lewat tol / highway. Jadinya cepat.

    [Reply]

  14. pa kbar mas novrand….

    mas q brencana ke sin oktober 2011 tp waktu q cm 3 hari 2 malam…sebaiknya mana aja yg hrs q kunjungi trus cr penginepan daerah mana biar g buang2 waktu q yang pst q pengen ke uss thx untuk infonya

    [Reply]

    novrand Reply:

    Tempat favorite saya di bugis. Karena mudah dari Changi, gampang menuju sentosa dan jurong. Dan dekat menuju ke Orchard atau ke Merlion Park.

    [Reply]

  15. malem mas,.mau nanya nih,..saya ada planning ke singapore tp PP (pulang pergi),..ada saran gk,kira2 ke tempat mana aja selain merlion yg hrs saya kunjungi untuk menghemat waktu.

    kl ke singapore zoo apakah sempat ya? trus, singapore zoo itu daerah mana ya mas..?

    kl dr harbourfront ke merlion naik MRT mana ya mas?

    thx sebelumnya,..

    [Reply]

    novrand Reply:

    Pulang pergi itu hanya satu hari disana ? cukup mepet juga ya. Nyebrang dari batam ya. Dari Harbourfront ke Merlion Park naik MRT dulu ke arah Outram Park, baru berpindah ke arah Raffles Place. Sedangkan Singapore Zoo itu di daerah barat singapura. cukup jauh kesananya. Kalau naik MRT dari Harbourfront, ke arah Outram Park, lalu ke Jurong, lalu ke arah Choa Chu Kang, lalu pindah bis ke arah Singapore Zoo. Atau langsung naik taxi dari harbourfront, hanya saya tidak tahu sampai berapa kesana :D.

    Karena hanya sehari, mungkin perlu diatur rute perjalanannya biar efektif. Jika ke merlion park, mungkin jalan jalan di sekitar sana seperti Esplande, Singapore Flyer, Marina Bay Sand, terus ke Bugis, Orchard dan Mustafa Center.

    [Reply]

  16. Mas Novrand.. numpang nanya nih.. Dari Changi ke Lucky Plz naik MRT turunnya dimana ya? Jauh ga jaraknya dr stasiun MRT? Apa bs pakai mrt ke Univ. Studio? Thanks sebelumnya.

    [Reply]

    novrand Reply:

    Dari Changi nanti turun dulu di City Hall baru ke MRT Orchard. Lalu keluar ke ion plaza atau wisma atria. Lucky Plaza itu sebrangnya Wisma Atria. Ada jalur penyerbarangan bawah tanah lewat Wisma Atria. Hati hati nyasar di mall kalau disana, jadi perlu diperhatikan petunjuk jalan.

    Untuk ke Univ Studio, dari MRT Orchard ke arah Dhoby Ghaut, baru pindah kereta dan langsung ke arah HarbourFront. Disana baru naik sentosa express dan turun di depan Universal Studio.

    [Reply]

  17. untuk saya, istri dan bayi 9 bulan, Kalau dari Royal Plaza on Scotts ke Bugis street, enaknya pakai bus atau MRT? naik bus berapa biayanya?

    [Reply]

    novrand Reply:

    Royal Plaza on Scotts itu dekat dengan MRT Orchard. Sedangkan bugis itu sebenarnya di ujungnya jalan orchard. Tinggal belok di jalan Victoria Street dekat Singapore Management University nanti ketemu dengan Bugis Village atau Bugis Junction. Untuk rute bis kurang hafal juga, di dekat halte bis ada rute lengkap bus berikut dengan nomornya. Biayanya kurang lebih sama dengan naik MRT. Jika naik MRT, dari MRT orchard tinggal menuju ke City Hall dan baru pindah menuju ke MRT bugis.

    [Reply]

  18. Dear Mas Novrand, saya baru pertama kalinya mau ke sing dan belum tau apa2 sama sekali(nekat) berangkat tgl 21 june 2011 besok, bersama keluarga(istri dan anak umur14thn).
    rancananya kami menginap di Chinatown hotel. Pertanyaan saya:
    1. Di sing, bisakah 1kamar itu kita isi bertiga?
    2. Kalo saya mau ke sentosa, stasiun MRT mana yg terdekat?
    3. Kalau beli tiket standar MRT apakah harus beli 3 kartu untuk 3 orang? Atau bisakah cukup beli 1 kartu saja untuk 3orang untuk dipakai bersama/sekali jalan dan dalam perjalanan yg sama juga?
    4. Berapa ongkos taxi dari chinatown ke orchard road?
    Mohon infonya. ASAP. Terimakasih.

    [Reply]

    novrand Reply:

    1. Untuk pengisian kamar diisi 3 orang, lebih baik amannya minta ekstra bed. Apalagi kalau anaknya sudah besar. Soalnya, ada kemungkinan ukuran kamar disana kecil, sehingga ada yg bisa penambahan extra bed dan ada yang tidak.
    2. Chinatown Hotel itu dekat dengan Outram Park MRT atau Chinatown MRT. Tinggal jalan kaki kesana. Nanti dengan kereta yang sama tinggal kearah Harbour Front. Cukup dekat kok.
    3. Untuk tiket MRT baik yang standard maupun yang EZ Link, harus setiap orang satu tiket. Karena menggunakan sistem elektronik, begitu masuk pintu MRT dia sudah ditandai untuk masuk, jadi tidak bisa digunakan lagi untuk masuk kecuali dipakai untuk keluar.
    4. Ongkos taxi dari china town ke orchard road sekitar $12-$15. Masih sama dengan naik MRT bertiga ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  19. Wuich… Thanks banget Mas Novrand. Amat sangat menbantu sekali penjelasan nya. Semoga jd pahala dan ibadah yg menjadikan kebaikan bagi kt semua. Terutama utk Mas Novrand dan kel. Amien. Jangan kapok kalau tiba2 saya nanya lg ya.?

    [Reply]

  20. dear mas novrand
    dari changi ke chinatown hotel di dareah teck lim road naik MRT keluar do station apa ya?kemudian dari chinatown hotel ke sentosa naik MRT keluar station apa.
    Terima kasih

    [Reply]

    novrand Reply:

    Bisa turun di Outram park atau turun di Chinatown MRT. Kalau sederhananya dari Changi langsung ke Outram Park MRT. Nanti tinggal keluar ke arah jalan Eu Tong Seen atau New Bridge dan berputar ke jalan Keong saik. Dan jika mau ke Sentosa, tinggal kembali ke OutramPark MRT atau Chinatown MRT dan langsung menuju ke HarbourFront MRT. Cukup dekat kok rutenya.

    [Reply]

  21. Mas Novran, salam kenal..
    Saya mau tanya..kalau dr Mustafa ke Bugis apa bisa ditempuh dgn jalan kaki? Kira2 trlalu jauh apa tidak? Thx before.

    [Reply]

    novrand Reply:

    Antara Mustafa dan Bugis mungkin sekitar 2 km, jadi bisa ditempuh dengan jalan kaki. Saya kalau dari bugis seringnya malah jalan kaki kesana. Rute yang bisa dipilih bisa melewati area bugis atau ke selatan melewati litle india. Ada beberapa tempat menarik buat di foto dan hanya ditempuh dengan jalan kaki.

    [Reply]

  22. Mas, 25 nov sm ma tmn rncana backpack ke sing.kt newbie smua.nympe changi jam 7am.rncana di sing cm smp jam 2pm krn mo lsg ngebis ke KL.kira2 ckp ga wktunya krn slm di sing kt pgn ke merlion &espanade,blanja oleh2 (chinatown n little india) n orchad.sy mo nanya: 1.enaknya bl ezlink ato single trip?kl ezlink yg 15$ ato $10?trus kl ezlink ada sisa depositny bs diambil,crnya gmn? 2.kl bugis street dimana? 3. bis ke KL murah dr mana y? mksh sblmny.sorry detil bgt ya..butuh info bgt ๐Ÿ˜€

    [Reply]

    novrand Reply:

    wah mepet juga ya waktunya. kalau datangnya jam 7 pagi, lebih baik ke merlion dulu karena buka terus 24 jam. kalau ke tempat toko atau yang lainnya biasanya baru buka jam 9 – 10. setelah dari sana baru ke chinathown dan terus ke orhard dan litle india. karena waktunya mepet, lebih baik beli ezlink saja. biar tidak setiap berhenti di stasiun MRT berhenti di mesin ATM tiket. Kartu EZlinknya sepertinya yang $10. Sepertinya habis kok dipakai jalan jalan sendiri, tapi kalau ada depositnya ya tinggal dibalikin lewat mesin ATM. nanti keluar lagi sisa depositnya.
    Bugis Street itu daerah bugis, dekat dengan Bugis MRT. Begitu keluar dari Bugis MRT nanti akan kelihatan lokasinya. Mau mampir kesini juga ? Mungkin lebih baik diatur lagi rute perjalanannya yang pas, berdasarkan rute MRT. Biar nyaman. Soalnya waktunya kan mepet. Di Bugis Street itu tempat jual beli oleh oleh, mirip mirip dengan Chinatown atau Litle India. Jadi bisa memilih lokasi kunjungan.
    Soal bis murah, saya belum dapat infonya. Mungkin kalau mbak Leny punya info, nanti bisa dishare ke sini ya. Mau naik bis dari terminal mana ? Itu harus menjadi pertimbangan di rute perjalanannya. Ada terminal bis juga di dekat bugis. Jadi sekalian ke bugis street, sekalian ke terminal.

    [Reply]

  23. Salam kenal Mas, tolong tanya dari changi airport ke lucky plaza jika naik taxi kira2 berapa ya? kami 2dws 3 anak(12, 10, 8 th) apa diperbolehkan naik taxi? jika naik mrt apa diperbolehkan jika membawa 2 koper apa tidak mengganggu? dan apakah ada hotel recommended untuk family room rate S$150 terima kasih infonya

    [Reply]

    novrand Reply:

    Naik taxi dari changi airport ke lucky plaza sekitar $15-$20. Untuk naik , sepertinya putra – putranya sudah besar ya, jadi bisa dihitung 5 orang. Kecuali yang paling kecil bisa dipangku. Tapi untuk boleh tidaknya, harus tanya ke sopir taxinya. Karena akan ketahuan besarnya fisik putra putranya dan tempat disana. Yang sering sih kalau yang kecil itu masih bayi atau balita, jadi taxinya masih muat.

    Tapi kalau mau naik MRT, sebenarnya juga nyaman nyaman saja. MRT itu kan gerbongnya panjang. Untuk jurusan ke Changi, cukup banyak yang membawa koper besar besar. Hanya, harus diatur sedemikian rupa untuk mudah dibawanya. Soalnya harus turun naik kereta dan eskalator. Kalau membawanya saja tidak nyaman, lebih baik memang naik taxi. Kalau di MRT, kita bisa memilih tempat di pinggir, biasanya di samping pintu keluar masuk ada sedikit tempat untuk menaruh koper.

    Untuk hotel, bisa memilih jaringan hotel 81 atau hotel fragrance. Tapi biasanya disana tempatnya kecil kecil. Sepertinya jatuhnya harus dua kamar. Coba konsultasi via email dengan pihak hotelnya. Bisa juga beralih ke apartemen, atau di hotel hotel backpacker. Biasanya ada private room, meskipun jadi 2 kamar. Tapi masih tetap ringan.

    [Reply]

  24. Salam kenal mas novrand! Mas mo tny2 ni,aq da rencana backpakeran k spore akhr nov,krn sy bru prtm kl agk takut wkt imigrasi krn bs ingq pasif bgt kr2 spt wkt imigrasi? Sy menginap d abc backpacker naik mrt p y? Trs slm d spore aq ingin k bugis,chinatown,orchad,merlion,esplanade,sentosa,uni.stu

    [Reply]

    novrand Reply:

    Salam kenal juga mbak eny susilowati. kalau di imigrasi dan tidak bisa berbahasa inggris. waktu di barisan imigrasi, cari saja yang petugasnya berwajah melayu. Rata rata bisa berbahasa indonesia atau setidaknya bisa melayu :D. Meskipun untuk yang lainnya biasanya juga bisa berbahasa melayu.
    ABC Backpacker itu ada di Bugis, jadi tinggal turun di MRT Bugis. Dan tinggal jalan kaki sedikit kesana. Untuk rute perjalanan, tinggal diatur atur yang nyaman. Biar enak jalan jalannya ๐Ÿ˜€
    Selamat berjalan jalan .

    [Reply]

  25. mw tanya :

    1. klu dari bugis ke farer park jauh ga klu jalan kaki??

    2. misalnya jl kakai dari raffles ke chinatown trus ke bras bsah n trakhir ke little india kira2 jauh ga?? sktr brapa jauh??

    3. dari skyride ke uss jauh ga klu jalan??
    mksh sblmnya….

    [Reply]

  26. nnton song of the sea,

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*