Images of Singapore

Merupakan wahana yang berada di pulau sentosa dalam bentuk musium sejarah untuk mengenal singapura dengan lebih dekat lagi. Disini akan belajar dari sejarah masa lalu singapura sampai sekarang, dan perpaduan budaya – budaya yang ada. Budaya dan sejarah singapura dipamerkan dalam bentuk multimedia display dan presentasi multi screen theatre.

Musium ini dibuka pada tahun 1983, kemudian mengalami beberapa kali perluasan untuk menambah aneka koleksi yang ditampilkan hingga sekarang. Sehingga musium ini sempat mendapatkan penghargaan untuk kategori “Best Reinvention of a Cultural Heritage Center” pada bulan April 2006.

Pada rute masuk pada musium, akan menampilkan perpaduan budaya dalam tema : “Four Winds of Singapore”. Kemudian, masuk areal sejarah terbentuknya negara singapura yang dikemas dengan nama “Singapore Adventure”. Kemudian, sajian berbagai festival budaya di singapura dikemas dalam bentuk “Singapore Celebrates”. Setelah selesai berkeliling, di ujung rute musium, disajikan makanan khas singapura dalam restaurant : “Tastes of Singapore Restaurant” atau dapat berbelanja aneka suvenir di “Images of Singapore Shop”.

Four Winds of Singapore
Mengisahkan kisah masa lalu bagaimana terbentuknya singapura dari perpaduan 4 kelompok etnik budaya utama di asia. Ke empat etnik itu adalah Cina, Melayu, India dan Eurasian. Mereka menyatu di singapura karena berbagai macam kegiatan perdagangan. Di Singapura merupakan tempat yang strategis dalam perdagangan di Asia. Di tempat ini, menceritakan bagaimana perdagangan dapat menyatukan berbagai budaya di asia, hal itu digambarkan dalam ruangan Four Winds Trading Office.

Singapore Adventure
Di tempat ini, diorama sejarah terbentuknya singapura ditampilkan secara berurutan. Yang berawal dengan kampung nelayan temasek dan berkembang menjadi pelabuhan perdagangan utama. Informasi sejarah kemerdekaan singapura setelah era perang dunia kedua juga disajikan dalam bentuk diorama. Selain dalam bentuk diorama, berbagai aneka photo album juga dimunculkan. Era sejarah yang disajikan yaitu era sebelum penjajahan Inggris dan masih dalam kekuasaan malaysia, kemudian era kekuasaan inggris, era Thomas Stamford Raffles, era pendudukan Jepang, dan masa setelah pendudukan inggris dibawah perdana menteri pertama Singapura Lee Kuan Yew.

Singapore Celebrates
Merupakan informasi berbagai festival kebudayaan yang sering ada di singapura. Diantaranya menampilkan adat budaya pernikahan untuk setiap etnik budaya, perayaan tahun baru cina, natal, deepavali dan ramadhan.

Tastes of Singapore Restaurant.
Di akhir rute kunjungan di musium, akan melewati restaurant yang menyajikan aneka cita rasa lokal, diantaranya Singapore Chicken Rice, Chilli Soft Shell Crab dan Nyonya Lobster Laksa.

Lokasi musium Images of Singapore terdapat di kawasan Imbiah Lookout Sentosa. Dekat dengan patung raksasa merlion, Tiger Sky Tower dan Cable Car Arrival. Untuk tiket masuk sebesar S$10 untuk orang dewasa dan S$7 untuk anak anak ( 3 – 12 tahun ). Waktu bukanya setiap hari dari jam 9 am pagi sampai jam 7 pm (dengan jam masuk terakhir pukul 6.30 pm).

Incoming search terms for the article:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*