Masuk Singapura melalui Batam

Batam merupakan pintu masuk yang paling menarik yang digunakan para wisatawan dari Indonesia untuk masuk menuju Singapore. Mengapa paling menarik ? Tentunya alasan utama adalah murahnya biaya fiskal melalui transportasi laut sebesar 500 rb rupiah. Jika melalui udara, maka biaya fiskal menjadi 1 juta rupiah. Selisih 500 rb dirasa cukup signifikan, apalagi jika berombongan banyak orang. Apalagi ditambah dengan semakin banyaknya penerbangan menuju Batam (Bandara Hang Nadim) dari Jakarta dengan biaya yang murah tentunya.

Berikut ini akan diceritakan tahapan tahapan apa saja yang akan ditempuh untuk menuju Singapura melalui Batam dari Jakarta.

Penerbangan Jakarta Batam

Ada beberapa maskapai penerbangan dari Jakarta menuju Batam, diantaranya Lion Air, Air Asia dan Garuda Indonesia. Untuk penerbangan Air Asia dan Lion Air berangkat dari Terminal 1A di Bandara Cengkareng Sukarno Hata, sedangkan Garuda dari Terminal 2.

Sebelumnya saya menggunakan maskapai penerbangan Air Asia untuk menuju Batam, karena cukup praktis dalam pemesanan tiketnya. Dengan menggunakan kartu kredit, cukup memesan melalui internet. Setelah memesan tiket melalui internet, kita cukup mencetak e-ticket nya. Hasil cetakan ini cukup ditunjukkan pada petugas bandara untuk memasuki pintu Terminal 1A, dan juga pada petugas boarding untuk mendapatkan boarding pass. Sebenarnya kita cukup mencatat nomor booking pada kertas kecil atau bahkan ditangan (he he he), namun kok jadi tidak yakin atau nyaman kalau kita tidak memegang ‘tiket’. Untuk menuju batam, saya pernah mendapatkan harga sekitar 300 rb. Tentunya, untuk pembelian tiket yg semakin dekat dengan harga keberangkatan akan menjadi lebih mahal.

Pada petugas boarding pass, kita cukup menunjukkan ktp untuk setiap nama di tiketnya. Untuk Air Asia, ada perbedaan biaya bagasi yang harus dibayarkan. Jika kita sudah memesan melalui internet dikenakan biaya sekitar 9 rb per bagasi, namun apabila kita langsung menambahkan pada saat berangkat, biaya menjadi 15 rb untuk setiap bagasi.

Setelah itu menuju ke lokasi pemberangkatan, ada biaya Airport Tax sebesar 30 rb rupiah untuk setiap tiket. Ternyata biaya ini sudah diseragamkan diseluruh bandara di Indonesia.

Untuk pesawat Air Asia, disini tidak ada penulisan nomor tempat duduk pada boarding pass. Jadi, kita harus ‘berebut’ tempat duduk. Sebenarnya juga tidak perlu harus buru buru, karena juga tidak akan sampai kejadian kehabisan tempat duduk, dan mendapatkan tiket berdiri. He he he. Namun biasanya buat yang rombongan, ingin mendapatkan tempat duduk yang satu baris, maka ini yang harus buru buru. Kecuali buat yang beli Layanan Express Boarding, tidak perlu buru buru. Cukup dengan membayar 25 rb per orang, akan dipersilahkan masuk lebih dulu dengan santai.

Tapi kalau ingin ‘berebut’ tempat duduk, ini ada tips nya : Carilah tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar pada waktu di ruang tunggu keberangkatan. Begitu waktu kurang dari 5-10 menit dari waktu keberangkatan. Siap siap saja merapat ke pintu keluar. Biasanya juga bakalan banyak yang ngikutin. :D. Setelah pintu dibuka, biasanya banyak yg balapan lari. He he he. Terserah mau ikutan balapan, atau cukup dengan jalan kencang, atau malahan jalan santai (Jadi percuma ikutan ngantri di depan). Untuk masuk ke pesawat, biasanya pintu belakang jarang yang naik. Jadi, masuk saja dari sana. Cukup leluasa untuk memilih kursi.

Penerbangan dari Jakarta menuju Batam kurang lebih sekitar 1.5 jam perjalanan. Jadi cukup waktu untuk tiduran dulu, menikmati pemandangan awan, baca buku, atau menunggu beli konsumsi yang disediakan oleh pramugari pesawat.

Bandara Hang Nadim dan Batam Center

Sesampai di Bandara Hang Nadim, kita dapat mengambil uang di beberapa ATM dari Bank Mandiri dan Bank BNI apabila terlupa persiapan uang untuk pembayaran fiskal. Disini juga ada beberapa tempat makan, seperti makanan padang dan makanan lainnya.

Didalam areal bandara, kita dapat membeli voucher tiket Ferry (Batam – Singapore) disini. Dan harganya jauh lebih murah daripada membeli di Batam Center. Sebagai perbandingan, jika kita membeli tiket pulang pergi di Bandara Hang Nadim mendapatkan harga S$18, namun jika kita membeli di Batam Center bisa mendapatkan harga S$25. Cukup jauh kan ? Lumayan ada kelebihan S$7 buat nyari oleh oleh.

Dari Bandara Hang Nadim menuju Batam Center dengan menggunakan taxi. Cukup banyak tersedia di depan bandara. Biaya per taxi menuju Batam Center sebesar 70 ribu rupiah. Untuk satu taxi bisa memuat maksimal 4 orang penumpang. 1 di depan dan 3 orang di belakang. Tapi, kalau rombongan 5 orang dewasa, biasanya mau juga berangkat dalam 1 taxi dengan membayar 100 rb rupiah. Lumayanlah mepet mepet an. Hi hi hi hi. Waktu yang ditempuh dari bandara menuju Batam Center, sekitar 20 menit. Sebenarnya cukup jauh, namun karena jalanan sepi, lebar dan bagus, jadinya bisa sampai dengan cepat.

Sesampai di Batam Center, kita menuju ke loket Ferry untuk mendapatkan boarding pass dan membayar sea port sebesar S$7 per tiket. Kapal Ferry yang tersedia biasanya adalah Penguin dan Batam Fast. Jadwal keberangkatan kedua kapal ini selisih sekitar setengah jam. Lokasi loket berada pada sebelah kanan dari pintu masuk. Dokumen yang perlu disiapkan pasport dan voucher Ferry (jika sudah membeli di Hang Nadim). Setelah selesai mendapatkan boarding pass, menuju ke lokasi pembayaran fiskal. Lokasinya berada di sebelah kiri dari pintu masuk. Kalau lokasi pembayaran fiskal langsung terlihat begitu masuk Batam Center, dibanding lokasi loket Ferry yang terselip di pojokan.

Untuk pembayaran fiskal dikenakan biaya 500 rb per orang. Untuk anak anak dibawah 12 tahun bebas biaya fiskal. Untuk mengurus bebas fiskal, biasanya perlu fotokopi pasport anak. Lebih baik dipersiapkan dahulu fotokopinya, namun jika lupa mempersiapkan, sudah ada jasa fotocopy tepat didepan loket fiskal. Cukup membayar 2000 rupiah per pasport (he he he he) untuk mendapatkan 1-2 lembar fotokopi.

Kemudian jika ada keperluan pengurusan bagasi, bisa ditemukan dibawah eskalator. Untuk berangkat, tinggal naik menuju lantai dua. Setelah masuk areal pelabuhan, disana akan diperiksa bagian imigrasi terlebih dahulu. Kalau bagian ini, jelas harus mempersiapkan pasport nya untuk distempel.

Nah, masuk lagi ke ruang tunggu untuk masuk ke dalam kapal Ferry. Saran saya, masuk lebih awal, agar mendapatkan lokasi yang nyaman untuk duduk. Kalau dibawah penuh, bisa naik ke lantai dua. Namun, jika jarang naik kapal. Bisa mabuk laut kalau berada di lantai dua. Lama perjalanan menuju HarbourFront ditempuh dalam waktu 1 jam.

HarbourFront Singapore

Sesampai di HarbourFront, kita akan memasuki bagian Imigrasi Singapura terlebih dahulu. Meskipun antriannya cukup panjang, biasanya cukup cepat juga antrinya, karena petugasnya cukup banyak. Biasanya dokumen Imigrasi sudah diisikan oleh pihak Ferry, namun isian lama dan alamat menginap kosong, isi saja terlebih dahulu, biar proses diimigrasi lebih sederhana.

Setelah selesai urusan Imigrasi, tinggal menuju keluar Imigrasi dan langsung masuk ke areal pertokoan (Mall) HarbourFront. Dan, selamat datang di Singapura. Tinggal memilih transportasi selanjutnya sesuai lokasi tujuan, dengan menggunakan MRT, Taxi atau dijemput dengan teman atau agen perjalanan.

Cukup mudah untuk mencari lokasi MRT atau Taxi Stand (tempat antrian untuk naik taxi), karena ada banyak petunjuk lokasi di bagian bangunan. Atau kalau sudah lapar, ada foodcourt halal (banquet) disebelah kanan setelah keluar dari bagian imigrasi.

Incoming search terms for the article:

6 comments

  1. satu tips lagi…

    kalo naek taksi ber-5, usahakan duduk di depan ajah…. biar tetep nyaman… apalagi kalo sandaran kursi dimundurin hehehe.. 😀

    [Reply]

  2. tanya Mbak : kalau ke singapore bisa pakai visa on arrival atau kudu ngurus ke kedubes dulu?

    [Reply]

  3. wah seru banget sekeluarga jalan2. infonya bermanfaat bgt mbak kali aja aku ke singapura jadi sedikit banyak udah tau. maacih

    [Reply]

  4. Untuk informasi lengkap tentang berwisata ke Singapura bisa dilihat di website kami. Terima kasih.

    [Reply]

  5. Kami sedang membuat blog dengan informasi yang lengkap mengenai wisata ke singapura. Semoga berkenan.

    [Reply]

  6. Besok minggu depan gue juga mau ke singapur… setelah buka-buka site ini akhirnya pengetahuanku tentang singapur bertambah..
    thanks ya…
    oh ya kunjungi blogku donk…www.mukabaru.blogspot.com
    ok thanks

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*