Bandara Changi

Bandara Changi merupakan tempat kedatangan utama yang menghubungkan Singapura dengan berbagai negara di dunia. Bandara dengan luas 13 kilometer persegi ini didirikan pada lahan reklamasi. Sebelumnya Bandara Singapura berada pada daerah Paya Lebar. Setelah terjadinya krisis minyak pada tahun 1973, maka sejak tahun 1975 dilakukan pemindahan bandara pada lokasi baru. Semenjak proses pembangunan, baru pada tahun 1981 pesawat komersial pertama dapat diterbangkan. Semenjak dibukanya Changi untuk umum, Changi cukup sering mendapatkan berbagai penghargaan sebagai bandara terbaik.

Pada Bandara Changi ini memiliki cukup banyak fasilitas untuk berbelanja di dalamnya. Jadi jika ingin pulang ke negara asal tetapi lupa atau tidak cukup waktu untuk mencari oleh oleh maka dapat juga berbelanja disini. Changi memiliki 3 Terminal pesawat, tergantung dari asal negara kedatangan dan ukuran pesawat. Beberapa penerbangan pada Terminal 2 adalah Air India, Air India Express, Asiana Airlines, All Nippon Airways, Batavia Air, Etihad Arways, Korean Air, Lufthansa German Airlines, Malaysia Airlines, Philippine Airlines, Royal Brunei Airlines, SilkAir, Singapore Airlines, Shenzhen Airlines dan Sriwijaya Air. Sedangkan pada Terminal 3, terdapat maskapai penerbangan : China Eastern Airlines, Jet Airways, Kingfisher Airlines, Qatar Airways, Singapore Airlines, United Airlines. Untuk Terminal 1 terdapat : Lion Air, Indonesia Air Asia.

Terminal Kedatangan

Pada terminal kedatangan, kita dapat mengambil bagasi pada bagian Baggage Claim. Lokasinya setelah keluar dari bagian imigrasi, kemudian belok kiri turun kebawah. Setelah keluar dari Imigrasi, kita dapat mengambil peta – peta dan brosur tentang Singapura untuk kemudahan sewaktu jalan jalan nanti. Kalau diperlukan, di bagian Baggage Claim terdapat jasa porter dan bahkan pengantaran sampai ke hotel sekalipun. Jika lupa menukarkan uang sebelum berangkat, disini juga ada fasilitas Money Changers. Untuk pemesanan hotel juga disediakan tempat Hotel Reservations. Atau bingung menentukan pilihan tujuan, dapat juga mampir ke Singapore Visitor Centres, di sini akan mendapatkan peta gratis, brosur, kupon diskon dan petunjuk rencana perjalanan selama di Singapura. Menarik bukan.

Terminal Keberangkatan

Untuk memeriksa jadwal keberangkatan pesawat, kita bisa memeriksa melalui telepon 65.1800 542 4422 atau melalui internet lewat web wap.changiairport.com atau www.changiairport.com. Sesampai di bandara juga ada banyak TV Teletext yang menampilkan jadwal penerbangan. Usahakan datang lebih awal 2-3 jam sebelum keberangkatan, karena proses dan antrian di Check In bisa berlangsung lama. Jumlah maksimal bagasi yang dibawa rata rata sekitar 20 kg, jadi diatur oleh oleh apa saja yang harus dibawa, atau harus membayar biaya kelebihan muatan.

SkyTrain

Untuk menghubungkan antar terminal di Bandara Changi, kita dapat berjalan kaki atau dengan menggunakan fasilitas SkyTrain yang dapat digunakan secara gratis. Lokasi MRT berada pada Terminal 2, sehingga jika ingin menuju ke MRT tinggal mencari petunjuk arah ke Terminal 2. Petunjuk yang ada biasanya bertuliskan “Skytrain to T2″. SkyTrain ini beroperasi dari jam 5 pagi sampai jam 2.30 pagi. Jika kita berada pada antar waktu tersebut, kita dapat menggunakan Shuttle Bus untuk menuju terminal lain.

Tempat Sholat / Mushola

Di Bandara Changi terdapat ruangan Multi Region Prayer Room yaitu tempat ibadah untuk semua agama. Jadi disitu, kita dapat sholat atau bermeditasi sesuai dengan keyakinan masing masing. Jadi jangan merasa aneh jika pada waktu sholat ada pemeluk agama lain melakukan kegiatan meditasi atau hal lain. Lokasi ruangan ini berada dibawah pusat informasi terminal kedatangan sebelum masuk ke bagian imigrasi. Di sebelah pusat informasi terdapat eskalator ke bawah menuju ke Prayer Room atau Bilik Solat.

Yang gratis gratis di Changi Airport.

Apa saja yang dapat dilakukan secara gratis di Bandara Changi ? Kita dapat bermain main di Art Interactive Zones, berselancar internet di 500 kiosk internet yang tersebar di areal bandara, melihat film di Movie Theatre di Terminal 2 dan 3, Free Singapore Tour, main main game Xbox di Entertainment Deck di Terminal 2, pijatan kaki atau foot massage di OSIM iSqueeze. Dan banyak lagi.

Menuju ke Kota

Banyak pilihan untuk menuju ke kota, tinggal mengunjungi Arrival Halls di Terminal 1, 2 dan 3 terdapat berbagai pilihan seperti layanan 24 jam Airport Shuttle Service, Limousine dan Taxi. Sewa mobil tersedia dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam. Untuk naik bus, dapat menuju ke basement dengan tarif sekitar $2, dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang. Atau bisa juga naik MRT pada basement terminal 2 dengan tarif sekitar $2. Kereta terakhir sampai jam 11 malam. Jadi, untuk yang terbang malam menuju singapura bisa melihat jam jam tersebut.

Incoming search terms for the article:

This entry was posted in Changi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Bandara Changi

  1. evie says:

    apabila saya transit di changi overnight,apakah di airport terdapat tempat penitipan barang bawaan?terima aksih

    [Reply]

    novrand Reply:

    ada fasilitas Bagage Service di setiap terminal. Layanannya buka 24 jam. Jadi bisa menitipkan kapan saja. Ini layanan berbayar dengan pembayaran setiap 24 jam sekali. Info lengkapnya bisa dilihat sini : http://www.changiairport.com/at-changi/facilities-and-services/baggage-services

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>